Sering Lupa? Ini Dia Cara Mudah Tingkatkan Memori Otak


lupa

Melupakan hal-hal penting bisa memberikan masalah bagi aktivitas sehari-hari, apalagi jika frekuensinya cukup sering. Apakah Anda mengalaminya? Jika ya, beberapa cara mudah berikut bisa Anda lakukan untuk meningkatkan memori Anda.

Faktanya, setiap sel dalam tubuh kita membutuhkan suplai oksigen agar dapat bekerja dengan baik, termasuk sel-sel otak. Berikut 6 cara mudah dan contoh makanan yang dapat mengoptimalkan kesehatan otak dan mempertajam memori, seperti dilansir dari Times of India, Selasa (28/5/2013):

1. Menjaga tekanan darah dan kolesterol

Lakukan kontrol rutin untuk mengetahui jika ada perubahan pada tekanan darah dan kadar kolesterol Anda. Jika ditemukan adanya peningkatan, segera lakukan beberapa cara untuk menurunkannya seperti olahraga. Jantung yang sehat akan memberi pengaruh pada kesehatan otak.

2. Cukup tidur

Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat mengganggu memori. Usahakan untuk cukup tidur setiap malam, minimal 7-8 jam per hari.

3. Berolahraga secara teratur

Aktivitas fisik secara teratur terbukti dapat mengurangi risiko demensia dan penyakit Alzheimer. Lakukan olahraga minimal 30 menit per hari selama 5 kali dalam seminggu untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

4. Ajak otak beraktivitas

Jaga pikiran tetap aktif dan lakukan aktivitas yang membutuhkan pemikiran, seperti permainan puzzle dan teka-teki silang. Dengan begitu, pikiran akan tetap aktif dan terlatih.

5. Tidak merokok

Selain dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, merokok juga dapat menurunkan aliran darah ke otak dan menyebabkan kerusakan serius.

6. Berikan otak istirahat sejenak

Saat aktivitas sedang banyak, tak hanya tubuh yang butuh istirahat sejenak, otak pun membutuhkannya. Lakukan istirahat sejenak seperti bertemu dan berbincang-bincang dengan teman, berpetualang melakukan perjalanan, melakukan hobi, dan melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

7. Konsumsi makanan nutrisi otak yang tepat

Alpukat mengandung lemak monosaturated yang berfungsi untuk meningkatkan aliran darah ke otak. Ini berefek pada banyaknya oksigen yang sampai ke bagian-bagian otak dan membantu meningkatkan daya pikir dan memori.

Nutrisi lain yang juga baik untuk otak antara lain apel, cokelat hitam (dark chocolate), teh hijau dan blueberry.

sumber: detikcom

Ingat Tinggalkan Komentar (saran )

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s