Tips Android: Move to SD Card


Install Android Apps On Sd CardIlustrasi

Salah satu keunggulan sistem operasi Android yang kerap digembar-gemborkan oleh vendor pengusungnya adalah kekayaan aplikasi yang ditawarkannya. Dari sekitar 500 ribu aplikasi yang dimilikinya, 28% diantaranya adalah aplikasi berbayar. Dengan jumlah aplikasi berbayar yang relatif sedikit, Android terbukti sanggup memikat pengguna dengan jumlah aktivasi harian yang mencapai hingga 900 ribu perangkat.

Jumlah aplikasi yang berlimpah tentu membutuhkan ruang memori yang tidak sedikit. Sayang sekali, secara default setiap aplikasi yang Anda instal ke perangkat Android pasti akan masuk ke memori internal ponsel. Dengan kapasitas memori internal yang terbatas tentu akan membatasi jumlah aplikasi yang dapat Anda instal ke ponsel. Untuk mengatasinya, Anda dapat memindahkan aplikasi yang terpasang dari memori internal ke memori eksternal secara aman tanpa perlu mengambil risiko seperti melakukan rooting atau langkah hacking lainnya. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

1. Download file dari link berikut: disini* kemudian ekstrak ke PC. File yang Anda ekstrak tersebut bernama”Enable Move To SD.bat”.

92e1a3a57a4372e3a8e1af7df393abc4
2. Pastikan untuk menginstal lebih dulu driver ponsel ke PC Anda, sehingga PC dapat mengenali ponsel ketika dihubungkan.

3. Aktifkan USB debugging pada ponsel dengan memberikan tanda centang di setting->applications->development->USB Debugging. Khusus untuk ponsel dengan OS teranyar Android 4.0, Anda dapat menemukan setting USB debugging dengan masuk ke setting->developer options->android debugging.

Langkah 3

4. Aktifkan pula instalasi APK dari sumber tak dikenali dengan memberi tanda centang di setting->appplications->Unknown sources. Atau Anda pengguna ponsel Android 4.0 dapat masuk ke setting->security->device administration->Unknown sources.

Langkah 4

5. Setelah itu, sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel data.

6. Setelah PC berhasil mengenali ponsel Anda, segera jalankan “Enable Move To SD”.

8a07ee1ac41a2d1d5e51e897d1ea9f8b

7. Untuk memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal, silakan masuk ke setting->applications->manage applications. Lalu sentuh aplikasi yang ingin dipindahkan dengan memilih tombol “Move to SD card”. Coba bandingkan kedua contoh gambar berikut. Gambar pertama adalah aplikasi Facebook sebelum Anda mengaktifkan “Move to SD card”, yang mana tombol “Move to SD card” tidak aktif. Sedangkan gambar kedua adalah gambar setelah Anda berhasil mengaktifkan “Move To SD”. (Galink)

Langkah 7.1

Langkah 7.2

Ingat Tinggalkan Komentar (saran )

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s