PENTING GAK SIH AKTIF DI ORGANISASI KAMPUS?


 

 

1. Kupu – Kupu = Kuliah Pulang – Kuliah Pulang
2. Kunang – Kunang = Kuliah Nangkring – Kuliah Nangkring
3. Kura – Kura = Kuliah Rapat – Kuliah Rapat

Dari 3 poin di atas mana yang kita pilih? Jika kita memilih poin pertama maka kita akan kembali menjadi anak kelas 1 SD. Beres sekolah langsung pulang kerumah, bermain, ngerjain PR dan tidur. Keesokan harinya kembali ke sekolah dan mengulangi kegiatan yang sama. Begitu juga dengan seorang “Kupu – Kupu”. beres kuliah pulang ke kostan. Nyampe di kostan internetan. Malamnya ngerjain tugas dan tidur. Keeseokan harinya juga melakukan aktivitas yang sama. Sungguh singkat hidup yang sangat berharga ini jika menjadi seorang “Kupu – Kupu”. Tapi, kalau dalam masa pemutihan kulit dan penggemukan badan, menjadi seorang “Kupu – Kupu” adalah salah satu solusi yang tepat.

Gimana kalau kita milih poin ke-2 ? jika memilih poin 2 sebenarnya baik kalau kita nangkring dengan teman-teman membahas ASEAN COMMUNITY, Reshuffle Kabinet dan kasus korupsi yang menggurita di negeri ini. Tapi, jarang deh kayaknya kita nangkring bareng teman-teman membahas hal-hal seperti di atas. Kebanyakan dari kita kalau sudah nangkring dengan teman-teman gak jauh-jauh pembahasannya tentang bola, cewek dan game online bagi yang cowok. Bagi kaum hawa pasti gak jauh-jauh tentang gosip selebriti, tren pakaian terkini dan SM*SH, hehe. Boleh sih nangkring kayak gitu tapi lagi-lagi hidup kita jadi kurang berharga karena kita begitu berharga (hehe.. minjem salah satu slogan sampo yang ada di iklan TV)

Nah, ini dia yang menjadi inti pembahasan kita, poin ke-3. Jika kita menjadi seorang “Kura-kura” otomatis kita akan aktif di dalam organisasi. Penting gak sih aktif organisasi di kampus? Jawabannya PENTING ! karena banyak manfaat yang kita peroleh dari aktif berorganisasi, antara lain :

1. Melatih soft skill
Apa sih soft skill itu? soft skil itu adalah hal-hal yang dianggap basa-basi oleh kebanyakan orang pada info lowongan pekerjaan, seperti : Kemampuan berkomunikasi, mampu bekerja sama dalam tim, mempunyai integritas dan lain sebagainya. Dalam pengertian sederhananya adalah kemampuan mengelola diri sendiri dan orang lain. Menurut Harvard University, 80% kesuksesan seorang lulusan perguruan tinggi ditentukan oleh soft skill. Hard skill atau biasa disebut kemampuan teknis hanya berpengaruh 20%. Dalam organisasi lah soft skill itu kita dapatkan.

2. Menambah teman dan jaringan (network)
Semua orang pasti sepakat bahwa banyak teman itu baik. Dengan berorganisasi kita mendapatkan banyak teman. Kalau ada kesulitan kita punya banyak teman untuk minta bantuan. Ilmu akan bertambah bila saling tukar pikiran dan banyak lagi manfaatnya. Selain menambah teman kita bisa mendapat banyak jaringan yang salah satu manfaatnya adalah pada saat kita mencari pekerjaan. Sudah jamak diketahui mencari pekerjaan sekarang membutuhkan link/ network. Sepintar apapun kita kalau mencari pekerjaan tanpa link akan susah setengah mati. Link di sini jangan diartikan sebagai salah satu bentuk nepotisme tapi lebih kepada mendapatkan informasi – informasi tentang pekerjaan tersebut. Bagi yang ingin berwirausaha, menurut banyak pakar dan pebisnis, salah satu kunci suksesnya adalah link. Berapa banyak orang yang sukses berwirausaha mulai dari nol tapi mereka punya banyak link. Lagi – lagi di organisasi lah kita mendapatkannya.

3. Menjadi manusia yang bermanfaat
Yang ke-3 agak berat nih. Hehe..
Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat. Trus apa hubungannya organisasi dengan menjadi manusia bermanfaat? Agar lebih mudah mari kita jawab dengan contoh. Bila kita tergabung dalam organisasi yang bergerak dalam bidang pengabdian masyarakat kita bisa membantu sesama melalui kegiatan yang kita buat, seperti : bakti sosial, penggalangan dana, donor darah dan lain sebagainya. Contoh lainnya pada saat rapat, diskusi atau dalam proses menjalankan organisasi kita memberikan ilmu kepada orang lain dan ilmu itu sangat berguna bagi orang itu, maka kita menjadi manusia yang bermanfaat dan InysaAllah akan menjadi amal jariyah yang akan trus mengalir walaupun kita sudah di liang lahat. Ada sebuah quote menarik dari Woodrow Wilson yang mudah-mudahan menginspirasi.

“ Anda lahir bukan hanya untuk hidup. Anda hadir di bumi ini memungkinkan dunia ini menjadi terasa lebih memuaskan, dengan visi yang lebih mulia, secercah harapan dan prestasi yang lebih tinggi “

Dari penjelasan diatas tak ada alasan rasanya jika kita gak masuk ke dalam organisasi. Jika takut nilai akan turun maka itu bukan lah alasan. Sebagai seorang mahasiswa tentunya kita sudah bisa mengatur waktu, membuat prioritas dan menentukan mana yang baik / buruk buat diri kita. INGAT !!! Kita bukan SISWA lagi, kita sudah MAHASISWA !

Ingat Tinggalkan Komentar (saran )

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s