Manfaat Buah Semangka bagi Kesehatan


Semangka Bantu Cegah & Lawan Kanker

 

 

 

 

 

Selain enak dan menyegarkan, ternyata semangka memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh terutama untuk menghindari penyakit serius. Tahukah Anda bahwa semangka bisa membantu mencegah dan melawan kanker?

Berdasarkan beratnya, semangka mengandungsekitar enam persen gula dan 92 persen air. Selain mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, B6 dan C, semangka juga mengandung thiamin, kalium dan magnesium. Menariknya, semangka juga bisa membantu melawan penyakit serius. Untuk lebih jelas, simak empat manfaat semangka seperti yang dikutip dari lifemojo.

1. Memerangi kanker
Menambahkan semangka ke dalam menu makanan Anda, dapat membantu mencegah dan melawan penyakit serius seperti kanker. Hal ini dikaitkan dengan banyaknya kandungan antioksidan yang ada dalam semangka.
Antioksidan semangka sangat terkonsentrasi dan memiliki kemampuan untuk membunuh kanker yang menyebabkan radikal bebas. Selain itu, Likopen yang terkandung dalam semangka telah diteliti dapat mencegah kanker khususnya kanker prostat, kanker payudara, kanker paru-paru dan kanker usus besar.

2. Menurunkan tekanan darah
Semangka juga telah lama dikenal sebagai buah yang dapat menurunkan tekanan darah. Dengan tekanan darah yang normal, Anda pun semakin dijauhkan dari berbagai penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke.

3. Mengobati diabetes tipe 2
Kandungan arginin yang tinggi pada semangka dapat membantu mengobati diabetes tipe 2 (karena gaya hidup). Penelitian menemukan arginin dapat meningkatkan metabolisme glukosa dan sensitifitas insulin, keduanya membantu menurunkan kadar glukosa yang tinggi dan berhubungan dengan diabetes.

4. Meningkatkan kesehatan mata
Mengonsumsi semangka secara teratur dapat menjauhkan Anda dari rabun ayam. Hal ini dikarenakan semangka kaya akan vitamin A dan beta karoten yang memaksimalkan kesehatan mata. Tak hanya itu, semangka juga bisa menjauhkan Anda dari degenerasi makula terkait usia (Age Related Macular degeneration atau ARMD), penyebab utama hilangnya penglihatan pada orang yang berusia lanjut.

Ingat Tinggalkan Komentar (saran )

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s