Kelompok-Kelompok Ultras Milan di Italia


Di Italy sendiri ada 5 milanisti ultras yang dikenal, untuk itu kita bahas satu2:

1. FOSSA DEI LEONI

Dibentuk tahun 1968, Fossa Dei Leoni merupakan grup ultras pertama yang lahir di Italy. Sejarahnya dimulai dari sekelompok anak muda pendukung I Rossoneri yang berkumpul di sektor 18 San Siro. Pada tahun 1972 Fossa Dei Leoni pindah dari sektor 18 ke sektor tengah stadion sekaligus menciptakan lagu wajib yang terinspirasi dari film L’armata Brancaleone.
Nama organisasi ini diambil dari julukan yang diberikan kepada stadion tua di Milan, juga memberikan ide bahwa sektor yang dihuni ultras kelompok ini adalah sarang singa. Fossa Dei Leoni sering membawa spanduk bergambar Che Guevara (sayap kiri).
Selama bertahun2 Fossa Dei Leoni menjdi model buat ultras klub lain. Namun, pada 17 Nov 2005 organisasi ini dibubarkan. Terjadi konflik di internal Milanisti. Kelompok lain menuduh Fossa bekerja sama dengan polisi (sesuatu yang tidak bis diterima dalam idealisme ultras). Setelah sejumlah anggotanya diserang dan diancam, Fossa memilih bubar.
Ada pula isu bahwa Fossa bubar karena ada pertentangan dengan Brigate Rossonere dan Commandos Tigre kerena perbedaan ide politik dan perebutan kekuasaan di San Siro.

2. COMMANDOS TIGRE

Lahir tahun 1967, Commandos Tigre sempat “terusir” dengan ditempatkan di Curva Nord sampai tahun 1985. Setelah pindah ke Curva Sud, triade Commandos-Fossa-Brigate memimpin tribun khusus untuk supporter I Rossoneri.
Kelompok ultras yng satu ini sangat dekat dengan kepemimpinan Silvio Berlusconi. Selama kepelatihan rrigo Sacchi dan Fabio Capello, Commandos mengalami peningkatan jumlah anggota terbesar sepanjang sejarah.

3. BRIGATE ROSSONERE

Banner pertama Brigate muncul di Curva Sud pada laga Milan-Bologna, 19 Okt 1975. Setelah Fossa bubar, Brigate menjadi kelompok ultras terbesar. Walau sekarang Curva Sud sudah dipersatukan dalam 1 banner, Brigate tetap menjadi pemimpin tak resmi di tribun.
Brigate terkenal setia. Mereka selalu mengikuti Milan pada semua partai dimana Milan tampil.

4. ALTERNATIVA ROSSONERA (ARN)

Grup termuda curva sud. Lahir 6 Juli 1994, organisasi ini sempat berkembang menjadi elemen penting di curva sud. Namanya diambil dari konsep grup yang secara mentalitas terletak ditengah2 visi Milan sebagai klub dan konsep ultras garis keras. Sayang karena problem internal Nov 2008, ARN tidak lagi menjadi bagian dari Curva Sud.

5. GUERRIERI ULTRAS CURVA SUD MILANO

Organisasi ini lebih dibilang sbg penerus Fossa Dei Leoni. Lahir 2005,dibentuk oleh sejumlah militan Fossa. Guerrieri berdiri damai dengan grup yg lain dan mampu mengisi kekosongan Curva Sud setelah Fossa bubar. Berbeda dg Fossa yg beraliran sayap kiri, Guerrieri tidak identik dg politik tertentu. Mereka adlh grup independen yg hanya ingin berjuang untuk Milan.

Ingat Tinggalkan Komentar (saran )

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s