Wasit Muda Pimpin Pertandingan Euro 2012


Kehadiran wasit dalam sebuah pertandingan sepakbola terlebih lagi dalam event sekelas Euro 2012 amatlah penting. Korps baju hitam ini sangat dibutuhkan perannya agar pertandingan dapat berjalan dengan baik.

Menjelang Euro 2012 yang akan diselenggarakan di Polandia dan Ukraina, para pengadil di lapangan hijau ini tengah bersiap-siap menjadi orang yang dianggap penting dalam sebuah pertandingan sepakbola. Lalu, siapa saja wasit yang akan memimpin pertandingan demi pertandingan Euro 2012 nanti.

Berikut ini wasit-wasit tergolong muda (usia kurang dari 45 tahun) yang akan memimpin pertandingan-pertandingan EURO 2012:

Pedro Proenca

Kewarganegaraan : Portugal

Lahir 3 November 1970

Pekerjaan : Konsultan keuangan

Pertandingan terbesar : Final Liga Champions 2012, Bayern Muenchen vs Chelsea, Allianz-Arena

Keputusan kontroversial : Agustus 2011, Proenca diserang oleh seorang supporter suatu klub ketika sedang berbelanja di Lisbon. Akibat serangan itu, dua gigi Proenca patah.

Profil : Proenca pernah dianugerahi wasit terbaik Portugal dua kali, 2007 dan 2011. Pengalamannya memang termasuk sedikit di tingkat internasional, namun kepemimpinannya di final Liga Champions 2012 merupakan bukti karirnya tengah menanjak. Reputasinya pun bagus di Portugal dan mulai menanjak di Eropa.
Nicola Rizzoli

Kewarganegaraan : Italia

Lahir : 5 Oktober 1971

Pekerjaan : Arsitek

Pertandingan terbesar : Final Liga Europa 2010 Atletico Madrid vs Fulham

Keputusan kontroversial  : Kekalahan Manchester United atas Bayern Muenchen pada perempat final Liga Champions 2010 tidak lepas dari peran Rizzoli. Rizolli melayangkan kartu kuning kedua kepada Rafael. Bayern Muenchen kemudian dapat mencetak gol setelah Rafael keluar.

Profil : Karir wasitnya di Serie A sudah mencapai 10 tahun dan diangkat sebagai wasit FIFA pada 2007. Pada tahun itu, Rizzoli juga memulai debutnya sebagai wasit di Liga Champions. Rizzolli menempati peringkat ke-18 dari 100 wasit terbaik di dunia.
Damir Skomina

Kewarganegaraan : Slovenia

Lahir : 5 Agustus 1976

Pekerjaan : Agen real estate

Pertandingan terbesar : Perempat final Liga Champions 2012 Chelsea vs Benfica

Keputusan kontroversial :  Skomina adalah penyebab pelatih Arsenal, Arsene Wenger mendapat sanksi dari UEFA di awal musim 2011/2012 akibat memprotes keras keputusannya di lorong ganti.

Profil : Skomina telah memimpin sekitar 70 pertandingan internasional. Dalam satu pertandingan, rata-rata Skomina mengeluarkan 5 kartu. Dari 70 pertandingan internasional yang dipimpinnya, Skomina telah mengeluarkan 320 kartu kuning. Pengalamannya di ajang Euro dimulai pada Euro 2008 sebagai ofisial ke-empat. Namanya diplot sebagai salah satu wasit di Piala Dunia 2014.

Craig Thomson

Kewarganegaraan : Skotlandia

Lahir : 20 Juni 1972

Pekerjaan : Pengacara

Pertandingan terbesar : Perempat final Liga Champions 2011 Barcelona vs Shakhtar Donetsk

Keputusan kontroversial :  Dalam pertandingan Liga Champions yang melibatkan Real Madrid, Thomson melayangkan kartu kuning kepada Xabi Alonso dan Sergio Ramos sehingga mendapat sanksi akumulasi kartu kuning.

Profil : Thomson memulai karirnya memimpin pertandingan internasional sejak 2003 dan telah memimpin lebih dari 60 pertandingan. Baru-baru ini Thomson didaulat memimpin salah satu pertandingan derbi terpanas di dunia, Glasgow Celtic versus Glasgow Rangers. Thomson sudah malang melintang memimpin pertandingan di Liga Champions. Euro 2012 akan menjadi turnamen internasional pertamanya meskipun pernah menjadi ofisial ke-empat di Euro 2008. Thomson pun diproyeksikan sebagai salah satu wasit di World Cup 2014.

 

 

sumber : tribunnews

2 thoughts on “Wasit Muda Pimpin Pertandingan Euro 2012

  1. Woah! I’m really enjoying the template/theme of this site. It’s simple, yet effective. A lot of times it’s very difficult to get that “perfect balance” between superb usability and appearance. I must say you have done a fantastic job with this. Additionally, the blog loads very quick for me on Firefox. Superb Blog!

    Suka

Ingat Tinggalkan Komentar (saran )

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s