Susah tidur ?


Tidur merupakan kebutuhan dasar yang sangat diperlukan setiap manusia. Sebegitu mendasarnya sehingga kondisi kurang tidur atau tidur terlalu lama dapat menurunkan mood dan semangat Anda keesokan harinya, sebaliknya tidur yang cukup dapat membuat kita siap menyambut aktifitas yang padat di pagi hari. Hal ini disebabkan karena pada saat tidur, tubuh mengeluarkan hormon-hormon yang membantu pertumbuhan, melancarkan peredaran darah, dan hormon yang membuat kita bahagia. Karena itulah moment beristirahat perlu diperhatikan apabila terdapat gangguan di dalamnya.

Oprah membantu Anda menemukan penyebab kesulitan tidur dan penanganannya.

1. Kaki dingin

Jika Anda pernah melihat wanita yang tidur dengan menggunakan kaos kaki, tidak selalu karena sakit, tetapi suhu wanita pada umumnya cenderung lebih dingin dibanding pria. Hal ini disebabkan karena pada bagian kaki wanita terdapat jumlah syaraf yang lebih banyak dibanding pria, membuatnya lebih sensitif terhadap suhu. Anehnya jika suhu tubuh wanita menurun, dia akan merasa lebih hangat pada bagian kakinya. Untuk mengatasinya Anda perlu memakai kaos kaki yang ringan dan bersih untuk menghangatkan kaki Anda selama tidur.

2. Posisi tidur yang salah

Apakah posisi meringkuk merupakan posisi favorit Anda saat tidur? Posisi meringkuk bisa membengkokkan bagian panggul, membuat lutut-lutut saling terantuk dan menimbulkan rasa tidak nyaman, serta dapat mempengaruhi posisi tulang belakang dan otot punggung Anda seperti ditarik ke depan, sehingga lambat laun membuat tidur Anda terganggu dan terbangun di malam hari. Jika Anda ingin tidur menyamping letakkan bantal di antara 2 lutut supaya tidur Anda lebih nyaman.

3. Tempat tidur yang tidak nyaman

Apakah Anda pernah bangun tidur dengan badan pegal-pegal, otot kaku dan punggung sakit? Hal ini bisa disebabkan karena tempat tidur yang kurang nyaman bagi tubuh Anda, bisa jadi matras terlalu kempes dan mengikuti gerak tubuh Anda selama tidur. Gunakan tempat tidur yang kuat dan nyaman yang bisa menyangga tubuh Anda, sehingga Anda bisa tidur dengan nyaman.

4. Bantal yang terlalu tebal
Saat tidur usahakan posisi perut dan leher Anda sama dengan saat Anda berdiri, lapang dan lurus. Bantal yang terlalu tebal membuat posisi leher Anda tidak lurus lagi, terlalu menekuk dengan posisi kepala lebih tinggi dari badan, jadi Anda perlu menggunakan bantal yang tipis yang fungsinya menyangga kepala tetap sejajar dengan badan. Hal ini dapat membantu kelancaran aliran darah Anda, dan membuat Anda lebih nyaman.

5. Tidur sambil menonton TV

Acara musik di TV mungkin bisa membuat Anda merasa rileks saat berbaring di tempat tidur, alunan musiknya bisa mendatangkan rasa kantuk. Tetapi bagaimana jika tiba-tiba terpotong dengan iklan yang muncul dengan suara yang kerang mengingat setiap iklan mempunyai standard suara sendiri-sendiri? Acara musik tidak lagi membuat Anda tidur, tetapi malah mengganggu Anda bukan? Jadi sebaiknya jangan menggunakan acara TV sebagai penghantar tidur Anda, Anda bisa memasang CD musik sebagai gantinya.

6. Bernafas melalui mulut
Bernafas umumnya melalui hidung bukan? Hidung memiliki filter untuk menyaring udara yang kotor supaya tidak masuk ke dalam hidung. Jika Anda merasa tidur Anda terganggu karena masalah pernafasan Anda terputus-putus, Anda perlu seseorang untuk memantau apakah Anda suka tidur dengan posisi mulut terbuka dan bernafas dengan mulut terutama saat tengkurap? Jika iya, Anda perlu mengubah kebiasaan ini. Tidur tengkurap dengan mulut terbuka dapat menyebabkan gangguan tenggorokan, mendengkur, iritasi tenggorokan dan nafas menjadi terputus-putus.

7. Kuman-kuman di dalam kamar
Partikel-partikel yang tidak kasat mata dapat menyebabkan alergi dan gangguan pernafasan atau asma. Hal ini tentunya membuat Anda terbangun jika reaksi muncul pada malam hari. Membersihkan kamar tidur secara rutin sangat diperlukan guna menghindari tumbuhnya partikel-partikel kecil yang dapat mengganggu kesehatan Anda.

8. Alergi hewan piaraan
Beberapa pecinta binatang suka terbangun di malam hari untuk memberi makan hewan piaraan atau memberikan belaian, tidak jarang jika mereka akhirnya tidur seranjang dengan hewan piaraannya. Hal ini menjadi persoalan jika Anda menderita alergi bulu hewan, yang akan membuat Anda susah tidur sepanjang malam. Jadi pastikan untuk tetap memberikan tempat tidur sendiri bagi hewan piaraan Anda.

9. Suhu ruangan yang panas
Tidur dengan suhu ruangan yang panas membuat Anda berkeringat di malam hari dan membuat tidur Anda tidak nyaman bukan? Karena itu sebelum tidur pastikan bahwa suhu ruangan Anda sudah cukup sejuk dan sediakan selimut di dekat Anda, karena malam hari terjadi perubahan suhu alam yang kadang membuat Anda lebih dingin dari sebelumnya, jika Anda sudah menyiapkan selimut, Anda tidak perlu bangun untuk mencari-cari selimut Anda, tidurpun kembali nyaman.

10. Baju tidur yang panas
Selain suhu yang panas, pakaian yang menghambat sirkulasi udara di dalam dan luar pakaian akan membuat Anda terbangun di malam hari. Karena itu pilihlah pakaian yang tidak terlalu tebal atau tipis asal sirkulasi udara lancar.

11. Suara keras di malam hari
Anda tidak bisa menduga apa saja yang mungkin terjadi sepanjang malam Anda tidur bukan? Bisa jadi itu suara alarm pemadam kebakaran, suara kucing bertengkar, suara kereta yang lewat, dan lain sebagainya. Suara-suara tersebut bisa membangunkan Anda dan sulit membuat Anda tidur lagi, Anda bisa mengalihkannya dengan musik kesukaan Anda, atau semua musik yang bisa memberikan ketenangan untuk bisa tidur lagi.

12. Mengonsumsi obat berkafein
Saat tubuh sedang sakit dan harus mengonsumsi obat, umumnya obat-obatan tersebut mengandung obat tidur. Tetapi tidka menutup kemungkinan obat-obatan seperti obat asma mengandung kafein, sehingga menyebabkan insomnia bahkan tidak mengantuk sama sekali. Jadi jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan, Anda perlu menanyakan pada dokter Anda terlebih dahulu kandungan yang terdapat pada obat yang Anda minum tersebut.

13. Terganggu dengkuran
Jika pasangan Anda mempunyai kebiasaan mendengkur, tidur Anda akan cukup terganggu. Karena itu bantulah pasangan Anda untuk mengatasinya supaya tidur Anda juga tidak terganggu.

14. Hormon tidur terganggu
Dalam tubuh manusia terdapat hormon yang membantu tidur Anda lebih nyenyak dan berkualitas. Cahaya yang redup dan menenangkan seperti warna biru dan hijau dari lampu tidur maupun alarm clock, suara musik yang mengalun pelan, dapat memicu kerja hormon tersebut.

Jika Anda merasakan gangguan pada jam-jam tidur Anda, Anda bisa coba memperhatikan kesalahan apa yang Anda lakukan di malam hari menjelang jam tidur sesuai poin-poin di atas, sehingga Anda bisa mengatasinya dan jam tidur Anda segera normal kembali.

 

 

Ingat Tinggalkan Komentar (saran )

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s