Minum kopi bisa memperpanjang usia?


Ada banyak studi yang menyebutkan tentang kebaikan kopi, misalnya mencegah kerusakan otak penderita diabetes, meningkatkan daya ingat wanita tua, melawan kanker kulit, dan menurunkan berat badan jika kopi yang dikonsumsi adalah biji kopi hijau. Kini ada penemuan baru yang menyatakan bahwa meminum kopi secara teratur mampu memperpanjang usia Anda.

Studi yang telah dilaporkan dalam New England Journal of Medicine ini dilakukan oleh para ahli dari National Cancer Institute. Mereka membandingkan 400.000 orang dewasa berusia 50-71 tahun yang gemar mengonsumsi kopi. Hasilnya, orang-orang yang rajin meminum kopi tiga kali atau lebih dalam sehari, maka secara tidak langsung mereka menurunkan risiko kematian sebesar 10% daripada mereka yang tidak menikmati kopi.

“Kami menemukan fakta bahwa konsumsi kopi berhubungan dengan risiko kematian yang lebih rendah secara keseluruhan, dan sejumlah kematian dari penyebab yang berbeda. Meskipun kita tidak dapat menyimpulkan hubungan sebab akibat antara minum kopi dan risiko kematian yang lebih rendah, kami percaya hasil ini memberikan beberapa jaminan bahwa minum kopi tidak mempengaruhi kesehatan,” terang Neal Freedman, kepala peneliti dari National Cancer Institute, seperti yang dikutip dari ABC News (21/05).

Memang belum jelas senyawa apa pada kopi yang berkhasiat dalam memperpanjang usia peminumnya. Sebab para penikmat kopi dengan atau tanpa kafein sama-sama memberikan hasil yang serupa, menurunkan risiko kematian.

Meskipun demikian, kafein dalam kopi yang dikonsumsi secara berlebihan juga disebut-sebut sebagai penyebab beberapa penyakit. Selain itu, kopi sering dikaitkan dengan gaya hidup tidak sehat seperti merokok dan kurangnya aktivitas fisik. Namun para ahli menyebutkan kopi tanpa kafein bisa menjadi salah satu pilihan minuman yang bisa dikonsumsi secara teratur untuk mendukung kesehatan Anda.

Ingat Tinggalkan Komentar (saran )

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s