Cara alami atasi stress


Apa yang biasa Anda lakukan untuk mengatasi stres? Mengkonsumsi antidepresan? Sebaiknya jangan! Antidepresan mungkin dapat menyembuhkan stres Anda dalam sekejap, tapi konsumsi antidepresan secara terus-menerus dapat membuat Anda ketergantungan pada obat-obatan. Lalu bagaimana cara mengatasi stres dengan cara yang sehat? Yahoo! Shine (29/03) memberikan tipsnya untuk Anda di bawah ini:

1. Temui konsultan.
Jangan takut untuk berkonsultasi dengan orang yang ahli dalam hal ini. Dengan menemui seorang konsultan Anda dapat mengetahui kadar stres Anda. Apakah stres yang Anda alami termasuk kategori ringan, atau bahkan harus segera ditangani secara medis. Anda tak akan mengira bahwa konsultan bisa menangani masalah Anda dengan cepat.

2. Berjalan-jalan di luar rumah.

Jalan-jalan tak ubahnya berolahraga di alam yang bisa membuat tubuh dan pikiran Anda segar kembali. Dengan berjalan-jalan di luar rumah, Anda juga memberikan waktu yang cukup untuk pikiran dan tubuh Anda. Waktu untuk merasa tenang dan berpikir tentunya sangat Anda butuhkan ketika Anda mengalami stres. Selain berjalan-jalan, mendekatkan diri dengan alam juga dapat membuat tubuh dan pikiran Anda menyatu. Anda akan merasa jauh lebih baik.

3. Sinar matahari pagi
Vitamin D dipercaya dapat mencegah Anda dari terkena depresi atau penyakit lainnya. Tapi faktanya, orang yang sering keluar rumah di hari yang cerah, terkena matahari, dan mengkonsumsi banyak ikan jarang sekali merasa depresi. Jadi, apa itu karena vitamin D atau gaya hidup? Sebaiknya Anda coba saja!

4. Membaca buku
Untuk mengurangi stres, Anda dapat membaca buku-buka yang Anda sukai. Membaca buku mengenai cara mengatasi stres juga dapat membantu Anda. Misalkan saja buku “The Mind-Body Mood Solution” karangan Dr. Jeffrey Rossman. Dr Jeffrey Rossman adalah seorang spesialis di Canyon Ranch, dan seringkali membantu banyak orang yang terkena masalah depresi.

5. Makan dengan benar
Anda mungkin tidak percaya, tapi makan makanan yang tidak bergizi, atau makan sembarangan bisa membuat Anda lebih rentan terkena stres. Begitu juga dengan kebiasaan “banyak makan” ketika Anda merasa stres. Konsumsilah makanan yang sehat dan bernutrisi. Ikan salmon, kacang walnut, atau coklat hitam adalah beberapa makanan yang dapat meredakan gejala stres Anda.

6. Hindari minuman keras dan obat-obatan
Jangan sampai Anda mencoba menghilangkan stres dengan minum minuman keras atau mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Efeknya memang cepat, namun hanya untuk beberapa saat. Anda hanya akan merusak tubuh Anda, alih-alih mendapatkan obat untuk stres yang Anda alami.

7. Jatuh cinta
Yang pertama adalah jatuh cinta dengan diri Anda sendiri! Perlakukan diri Anda sebagai seseorang yang berharga. Manjakan diri Anda dengan tidur siang, pijatan, bunga-bunga, dan lainnya. Anda akan jauh merasa lebih baik ketika Anda dapat menghargai dan mencintai diri Anda sendiri.

8. Tertawa

Penelitian membuktikan bahwa tertawa memang dapat membuat Anda merasa lebih baik. Jadi, tontonlah komedi! Atau video-video lucu yang Anda miliki. Jika perlu, ajak teman-teman Anda dan tertawalah bersama mereka. Dengan tertawa Anda tidak akan merasa bosan dan kesal lagi.

9. Berkreasi

Buatlah sesuatu, apapun itu. Anda suka melukis? Lukislah sebuah lukisan abstrak. Tulis perasaan Anda pada sebuah buku rahasia, atau berkebunlah! Peneliti menemukan bahwa berinteraksi dengan tumbuhan dan tanah lebih ampuh untuk mengatasi depresi daripada obat antidepresan. Melakukan sesuatu yang Anda minati dapat membuat perasaan Anda lebih ringan. Jika perlu, tambahkan musik untuk meningkatkan mood.

10. Pikirkan impian Anda

Terkadang Anda merasa stres karena hidup Anda tidak sesuai dengan masa depan yang Anda impikan. Santailah sejenak dan pikirkan lagi impian-impian Anda. Memikirkan secara mendalam impian-impian Anda dapat membuat Anda merasa lebih baik. Namun, tak ada salahnya juga jika Anda ingin mengubah impian Anda.

11. Terima perubahan
Terkadang, stres dapat disebabkan karena adanya perubahan yang tidak Anda inginkan. Bersikaplah lebih terbuka karena belum tentu yang tidak Anda sukai dapat berdampak buruk pada Anda. Dengan begitu Anda akan merasa lebih nyaman, baik dengan diri Anda sendiri maupun dengan lingkungan Anda

Ingat Tinggalkan Komentar (saran )

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s