Asal Usul sejara 4L4y


Apa itu Alay??
Alay adalah singkatan dari Anak layangan, Alah lebay, Anak Layu, atau Anak keLayapan yang menghubungkannya dengan anak JARPUL (Jarang Pulang). Tapi yang paling santer adalah anak layangan. Dominannya, istilah ini untuk menggambarkan anak yg sok keren, secara fashion, karya (musik) maupun kelakuan secara umum. Konon asal usulnya, alay diartikan “anak kampung”, karena anak kampung yang rata-rata berambut merah dan berkulit sawo gelap karena kebanyakan main layangan.

Ciri2 anak alay

  • Suka banget pake tulisan atau teks yang GedE keCiL-gEdEkeciL
  • Sok bergaya Emo atau Harajuku tapi pas ditanya asalmulanya, gak tau sama sekali
  • Kalo sms atau ngirim komentar memakai bahasa aneh seperti, “aQuWh, maNi3eZz..”
  • Pokoknya gaya rambut si cowok persis kayak Kangen band (buset dah…)
  • Terlihat memakai postman bag berjenis kulit tapi ga jelas merk dan beli di distro yang mana…
  • Kurus kerempeng, suka memegang rambut dan bermuka bokat
  • Beraninya kalo bikin ulah pasti barengan dan gak berani kalo sendirian
  • Sok kaya, sok imut, sok cantik, sok keren, sok gaul, sok techno padahal waktu ditanya kode HTML aja gak bisa
  • Untuk lagu barat, mereka tidak tahu lagu barat yang sedang nge-tren dan mereka(orang alay) hanya tahu lagu barat dari jaman eighty dan ninety doank (parah gak sih?)

Perilaku yang tidak mencerminkan dirinya sebagai manusia ‘nggenah’, setidaknya berbuat benar. Contohnya: tawuran antar kampung atau antar sma, nongkrong di halte bareng geng alaynya sambil godain cewek, bergerombol di stasiun, di mall jelek, di pasar sambil ngerokok terus bicara dengan nada yang tidak bisa disebut tinggi tapi lebih tepat cempreng sambil ngata2in temen se gengnya dan tentu saja sebagian masih menggoda cewek yang lewat, kalo di bioskop suka nyari perhatian dengan suara cemprengnya komentar gak jelas ketawa berlebihan dll. Ora ‘nggenah wis..

Oke gayanya minta digampar, emang kebanyakan alay adalah supporter sepakbola yang fanatik atau berlebihan, sesuai dengan definisi kampungan dari seorang alay, yaitu tidak sportif kalo kalah, terus rusuh barang2 dirusakin.

Selera musik?
Tidak jauh2 juga dari band2 yang terkadang berbusana layaknya alay seperti radja atau republik (vokalisnya gaya alay parah), dan band2 yang berirama melayu yang easy listening dan tidak perlu menggunakan musikalitas yang tinggi, contoh : kangen band, matta. Kalo ada konser didaerah beberapa alay berpotensi menimbulkan kerusuhan seperti saat band nidji atau ungu sedang manggung,, padahal yang maen ungu, klo seringai gitu masih mending lagu2nya menaikkan adrenaline, lah ini ungu dengan lagu cinta2an dan kemarin baru kolaborasi ama rossa.

Karena mungkin efek sinetron atau apa saja yg mempengaruhi mental kita yg menjadi-jadi dan semakin parah, mungkin ada diantara kita semua sifat2 dibawah ini:

  • selalu ngerasa paling tau tentang musik.
  • tongkrongannya di pinggir pinggir jalan (yang cewek godain cowok,yang cowok godain cewe yang lagi lewat)
  • kalo di mall selalu bawa headset buat dengerin lagu lewat handphone(suka pamer ga jelas & sok asik gitu deh). please deh, kan ada lagu2 yg d stel d mall
  • sok EMO tapi ditanya sejarahnya emo ga tau.
  • sok pengen ‘gaul’ mau ngikutin tren yang sekarang tapi LEBAY parah(cth: nge-mix baju ga kira kira ; baju ijo, celana kotak kotak, sepatu merah,kacamata biru! NORAK !)
  • dimana mana SELALU ada acara yg namanya ‘putu putu narziz’ (entah itu di sekolah, WC, mobil, kamar, stasiun, angkot,dll).
  • fotonya ga nahan smua! (dengan gaya di imut imutin,dideketin lampu biar ‘terang bgt’,foto deket bgt dari wajah *biar jeleknya ga keliatan*,foto dari atas *biar kelihatan keren kali ya*,dll..pokoknya yang bisa bikin ‘neg’ semua orang.kamera VGA aj sok sokan)
  • buat cewek tiap hari kerjaannya ngomongin ttg cowooooooooo mulu! (cth: eh tau ga si A tadi gini loh sama gue hahaha lucu bgt ya? *ga lucu!)
  • buat cowok..tiap hari kerjaannya cari musuh (ribut) mulu sama temen temen cowoknya yg lain *biar dianggep keren gitu*
  • di fesbuk.. bagi yang cewek di friendlist nya majang cowok cowok ganteng semua *meski ga kenal,biar dianggep cantik & gaul*
  • kalo yg cowok ya majang friendlistnya cewek semua*walau ga kenal* biar dikata cowok ganteng

TULISANNYA MEREKA
T U L I S A N > – iya : ia, iaa, ay,ea etc > – kamu: kamuh, kammo, kamoh, kamuwh, kamyu, qamu, etc > – aku : akyu,aq,akko,akkoh,aquwh,quh, etc > – maaf: mu’uph,muphs,maav,etc > – sorry: cowyie,cory,tory(?),etc > – add : ett,etths,aad,edd,etc > – for : vo,fur(zz),pols,etc > – lagi : agi,agy, etc > – makan: mums,mu’umhs,etc > – lucu : lutchuw,uchul,luthu,etc > – siapa: cppa,cp,ciuppu,siappva,etc > – apa : uppu,apva,aps,etc > – narsis: narciezt,narciest,etc > – anak mana? : naq mnah?, etc > – gw : w,wee, 9, 6, etc > – dong : dunkz,dungs, etc > – dan masih bnyak lagi!

  • suka ngirim status ga jelas di fb :”akko onlenndh dcnniih” ato “ayokk perang cummendh cmma saiia” etc (paling parah lagi kalo ngirim status dengan judul “BAJINGAN” tapi isinya kosong!) ih kampret bner deh tu orang orang alay.
  • kalo ada org yg cuman njempol status kita , kita bilang gini : “hey cuman jempol nih?” ato “heey jgn cuman jempol doang,komen dong!
  • foto di friendster bisa nyampe 300 lebih padahal cuman foto DIRINYA SENDIRI, dan tdk sdg merantau
  • kalo udah nemu lawan jenis biasanya jadi lebay, ngerokok2, ngelawak jayus,
  • tulisannya GedE-kEcIL norak
  • kemana-mana make boxer(biasanya gmbr ganja,biar di blg gaul),atasan sweater,ga lupa make topi gambar ganja jg biar d bilang petani ganja kali
  • naek motor pada blaga kebut2an ambil goyangin pantat biar dikira kayak pembalap. motorny gk pake spion,knalpot racing yg bkn kuping lo budek parah,gk lupa jg stiker ’46′ (biar diblg valentino rossi ya). biasanya dilakukan dengan efek menggoyang2kan bokong
  • klo jalan kaki psti rame-rame, trus tangannya ga bisa diem, suka metikin daon d pohon ato metik buah orang.
  • tiap malem minggu suka sok mabok di pinggir jalan, pdhl cma minum anggur kolesom.
  • rambutnya pirang matahari.dan gk nyeni n berkelas blasss…
  • kalo cowok biasanya pake baju ketat, terkadang tanpa lengan yang tujuannya entah pamer otot atau bulu ketek. celana tanggung kotak2 dan sepatu yg diinjek belakangnya tanpa kaos kaki.
  • kalo cewek biasanya pake baju yg sok2 kebuka warna ngejreng yang menarik perhatian(mau muntah), kadang pake sepatu plastik transparan.
  • jika anda perhatikan aksesoris mereka, memakai kalung rantai yg biasa d pake anjing, gelang yg astaga bnyknya kayak dukun gypsi, dan kadang ada juga yang pake rantai dompet penghubung kemaluan dengan bokong mereka yang tujuannya entah untuk apa.

alay tingkat paling rendah

  • nulis kata disingkat, seperti “lagi apa?” gi pha?? atau bosen banget jadi “bsen bgd nh”
  • memakai simbol tambahan. “p@ k@bar L0e??” atau “~hha..~ y nh.. lg bosen~”
  • menggunakan huruf Z dibelakang kata. “mlz bgtz!” atau “gurunya malezin yh”
  • comment orang dengan minta balasan kaya “repp iah!” ato “blz dum” ato “reply dsini iiaaa”
  • layoutnya yang super rame bahkan berfotmat gif (gerak) dengan warna ngejrenk pinkk fontnya yang anehlah

alay tingkat rendah

  • aboutme panjaaaang banget pake isi gr-gr an kaya “aq tuh…. cntik…. lucu…. punya cowo ganteng…” zzz dan sebagainyalah lo tau kan
  • penggantian kata! gue / gw / gua = w, lo / lu = lw / loe. dong = dumzz / dwunhh
  • foto serba diediiiiit abis apalagi yang editnya emo emo pake tulisan gothic gitu
  • mediabox dipenuhin dengan gambarrrrrr

alay tingkat sedang

  • mamerin kebisaan dishotout, misalnya “eh w kan menang track motor lohh..” atau “eh w les nyetir dong..” dan yang lebih oon nya “eh w makin oke dan top ya tiap hari” (halah)
  • rusuhin comment foto. misalnya cuma dicomment “cantik deh/ganteng deh” balesnya “emg gw gnteng gtuu… y krna trlahir dh ganteng kli ya?? hha. dan kyanya……….blabalabla”
  • nickname digabung sama nama org yang disuka dengan cara gajelas. misalnya (kalo namanya sama maaf ya) “delita saiianks si luthuu..” atau “delita cinta dya” gitulah ya aezzz…
  • bikin album yang isinya artis favorit mereka. contoh “kanjen band khuzuz loh!!” apalagi albumnya pake dikunci, yah capedeh!

alay tingkat PARAH:

  • barang abal yang dipamerin ketemen terus dia ngaku beli di singapore. amrik . dan sbgainya. “eh liat nih gue beli gelang dijerman gituloh asli kalo ga salah sih dirupiahin 500 ribu ya.” padahal dia beli di itc aja!! yang 10 ribu 5 hahaha.
  • tulisan gede-kecil. “aLoW kLiAnZ hArUz ADd GwE YaH!!” atau dengan angggka “K4Ng3nZ dWEcChh” NNNNNZZZZZ
  • minta di add di shotout, “j9n lupa ett ghw”
  • gaya dengan bibir monyong, telunjuk nempel bibir, gaya tangan dengan oke dipinggir kepala dan foto dari atas
  • update status cuma buat kasih tau dia lagi online & minta comment

Tidak Suka Suka (WTF):
sumber: kaskus.us

Ingat Tinggalkan Komentar (saran )

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s