MOP Papua


Cara Mengungkapkan Cinta di Papua

Seorang pemuda Papua mengungkapkan cintanya pada seorang gadis. Begini dialog nya:
Pemuda : “Ade, beta su lama jatuh cinta ke ade. Ade mau jadi kaka pu pacar ka?”
Cewek : “Adooo, kaka. Tra bisa. Sa masih sekolah.”
Pemuda : “Ooooo.. kaka kira ade sudah libur…”

Pesan Peti Mayat

Ada kepala suku mati, untuk menghargai beliau dong tara bakar tapi dong mau kubur.

jadi dong cari peti ke tukang mebel dong tanya peti satu berapa tukang bilang 1 juta ada yang mura ka.. tukang bilang ada 2 ratusts ribu tapi kaki di luar.

Pace Batak De Tanya Pace Biak

Ada pace batak satu de tanya sama pace biak.. Pa kanapa orng biak marganya rumbiak, rumbewas, rumbekwan, rumkorem..

Trus pace biak de bilang sama pace batak : “kenapa Jadi ??”

Trus pace batak jawab : “Berarti orng Biak masih keluarga dgn Rumahkos….hahaha..”

Langsung pace biak de Marah trus de bilang baru kenapa or…ng batak marganya sitorus, sinaga, sitompul.., Berarti masih keluarga dengan Sikomo yang muka macam soa-soa..!!!”

Cubit Pipi Bayar Sejuta

Yaklep bagatal liat perem cantik trus dia bilang, “Ade sa cubit ko pu pipi sekaliiii saja, nanti sa kase ko satu juta rupiah,”

Tadinya si perem marah, tapi stelah pikir-pikir cari uang di jaman skarang susah, skali cubit apalah artinya. “Sa mau tapi kitong sambunyi di balik pohon ehh” kata si perem.

Pas di bawah pohon begini pipi halus itu diberikan, namun sekian waktu pipi mulus itu hanya dibelai-belai. “Ihhhh Capat Sudah!” desaknya.

“Aduh ade sa tra bisa,” jawab Yaklep sambil matanya merem-merem.

“Lho Knapa” tanya si Perem. “Sory Sa Lagi Tra Punya Uang,”

Perem: “Ahhhhhh!!!???”

Tunggu Mobil Lewat

Pagi-pagi Yaklep pu anak yang baru umur 9 taon, kebetulan lagi libur skolah minta ijin

Anak : “bapa sa pi ke pius pu rumah dulu eeee…..”

Yaklep: “Eh… Anak makan dulu baru pi kesana….?”

Anak : “Uda dari tadi bapa, sa bisa pegi kah traaaa….”

Yaklep : “Ah kamu ini, pigi suda, tapi hati-hati kalau menyeberang tunggu sampai mobil lewat dulu… eee… Baru menyeberang?”

Anak : “Beres sa su tau….”

10 menit kemudian Yaklep pu anak, pulang sambil menangis pica… dengan suara keras…

Yaklep: “Ah.. anak kamu kenap menangis bergitu…?” (tanya Yaklep dengan dana marah)
“Dong ada cubi ko kah? Atau dong ada pukul kah.. ? Oh kurang ajar, dong belum tau pace Yaklep kah?” (Yaklep suda naik darah) “Capat jawab kenapa ko manangis, sa kasi pica mereka?”

Anak: “Tidak bapa, sa tra dipukul dan tra dicubit….”

Yaklep : “Terus kenapa……?”

Anak : “Tadi bapa bila kalau mau menyeberang tunggu mobil lewat dulu, sa su berdiri lama sampai bosan, mobil tra lewat-lewat, sa cape dan sedih makanya sa menangis…”

Yaklep pusing 7 keliling “Ini sa pu ana bodo ke sapa ya???

Partai Ke-49

Pace Yaklep deng dia pu sobat Obed cerita soal pemilu lalu. Yaklep:

“Eh..Obed ko tau, kalu jumlah partai yang mo ikut pemilu kemarin bukan cuma 48, tapi ada 49 partai. Hanya satu partai yang tra dapa ijin ikut pemilu.”

Obed : “Apa !! satu partai itu apaka ?”

Yaklep :”Partai Parampuan.”

Obed : “Kasian dorang tra dapat ikut pemilu?”

Yaklep : “Itu gara-gara dorang pu lambang partai”

Obed : “Dorang dorang pu lambang partai apaka..?”

Yaklep :”Tentu dong pu lambang Parampuan too..!”

Obed : “Untung panitia pemilu tra kase ijin, kalu trada, samua laki-laki pasti suka deng itu partai.”

Yaklep :”Bicara lagi..eeh ko sa lempar deng sandal…!”

Pace Pu Anak Pelaut

Pace Yaklep deng Mace Yaklep lagi duduk santai. Dong dua asik gobrol sambil minum teh. Di depan gang tampak seorang pemuda berjalan miring kanan miring kiri. Lantas Mace dia buka suara.

“Ehh Pace ko lihat tuh ada orang jalannya oleng… ?,”.
“Kase tinggal suda, tra usah kitong pusing,” kata Pace.
Dong dua kembali asik ngobrol. Begini Mace berteriak. “Aduh !!! anak sa kira ko siapa,” langsung Mace peluk pemuda yang tadi dia lihat berjalan oleng.

“Tapi anak sa mo tanya, knapa gaya ko berjalan lain,”kata Mace.

“Mama kaya tra tau, sa ni kan pelaut,” jawab Yakop.
“Anak! ko baru lima tahun saja jadi pelaut su jalan oleng kiri kanan, Bapakmu ni su kawin sama ko pu Mama lima puluh tahun tapi sa jalan tra maju mundur,” ucap Yaklep sambil memperagakan gerakan pinggul maju mundur.

Mace Yaklep dan Yakop “Ah…!!!??”

Pace Beli Kacamata

Yaklep su rasa stress, karena, kalau lia orang sedikit kabur atau tra jelas, karena dia pu mata su rusak, makanya dia pergi ke optic mo beli kaca mata.

Pelayan : “Siang pace, ada yang bisa di bantu?”
Yaklep: “sa pu mata su rusak, coba ko cari kaca mata yang pas kah…” Pelayan : “pace so pernah pake kacamata kah?”
Yaklep: “Ohh..belum….”
Pelayan : “Kalu bagitu torang periksa dulu. Mari Pace, torang ke tampa periksa.”
Pelayan : “Pace, ini huruf apa?” (sambil tunjuk tu huruf yang sediki basar)
Yaklep: “aduh… tra jelas…”
Pelayan : “Kalu huruf ini?” (Sambil tunjuk huruf yang lebih basar)
Yaklep : “Masih kurang jelas…”
Pelayan : “aduh.. pace ini sudah huruf yang paling besar. Coba lihat lagi huruf apa ini?” (sambil tunjung huruf yang basarnya sama deng piring)
Yaklep: “Sama saja…masih tra jelas”
Pelayan : (sambil garu-garu kapala karena bingung) “Kenapa dari tadi pace ko bilang tra jelas terus, baru bagaimana ini?”
Yaklep: “habis, sa tra pernah sekolah jadi, bagai mana sa mau tau itu huruf apa…?”selanjutnya

Kwin Dulu dan Sekarang

Pace Yaklep sama Pace Obed dong dua tambah ilmu pengetahuan bermain teka-teki.

“Apa bedanya anak-anak jaman tempo dulu dengan anak-anak jaman sekarang?” kata Yaklep.

“Tra ada beda dulu ke… sekarang, ke sama kitong sebut tetap saja anak-anak”

Jawab Obed. “Salah!!!”, kata Yaklep. “Iyo ko menang sudah… sa pas.”

Obed menyerah. “Bedanya…Anak-anak Tempo Dulu… Kalau mau kawin… Tukar cincin dulu. Tapi anak-anak sekarang… Tukar kencing dulu… baru ka..win” kata Yaklep.

Obed: “Ahh !!!???”

Mau Mencuri

Suatu malam Pace Yaklep pergi mau mencuri. Ternyata rumah yang diincar sudah dikasih pagar tinggi dan tembok tinggi sekeliling rumah.

Pace : “Ko kira sa tra bisa mencuri kah, biar ko kasih tembok sa tetap bisa panjat ko pu tembok. Ko liat saja.”

Lalu Pace dia panjat tembok tinggi itu. Pemilik rumah liat ada orang yang mau mencuri dia berteriak keras: “Heeyy…!! Pencuri kah..! Ko cepat turunnn…!”

Pace dia kaget dan hampir jatuh, tapi dong balik marah ke Pemilik rumah:
“Hey bapa… coba ko pu cara tegur itu yang baek kah ?! memang sa pencuri, tapi kalo ko berteriak, sa kaget, truss sa jatuh…. siapa yang bayar ongkos rumah sakit?. Sa pu anak siapa yang kasih makan..? Saya toh belum mencuri, saya baru lewat ko pagar baru ko su teriak…!”

“????!!”

Tabrak Bapak

Mace Yaklep dia kaget melihat Yakop pulang sekolah menangis, lantas dia dekati anaknya kemudian bertanya dengan penuh keibuan.

“Ehh…anak knapa ko menangis? Ko bakalai di sekolah ka ? atau ko kena marah Bapak Guru ?”.

Yakop sambil terisak-isak memberi penjelasan kepada dia punya Mama. “Trada Mama,..uh..uh..uh” isak Yakop.

“Lalu, apa yang ko tangisi?” kata Mace.

“Tadi kan sa naik motor to, tra tau bagaimana sa tabrak orang” jelas Yakop.

“Kapan..?” tanya Mace.

“Tiga jam yang lalu” kata Yakop. “Baru knapa baru sekarang menangisnya?” kata Mace
.
Yakop dia sejenak pandang dia pu Mama dengan pandangan sedih. “Aduh mama, sa minta maaf. Yang sa tabrak itu, Bapak..!!!”, kata Yakop.

Mace :”Apa!!??”

Kapal Indonesia

Apa bedanya kapten kapal indonesia dengan kapten kapal luar negeri. Soalnya, adalah ketika kapal sedang belayar tiba-tiba kapten kapal dapat laporan dari ABK bahwa ada kebocoran di lambung kapal?.

Karena Pace Obed tidak bisa jawab, Pace Yaklep ambil inisiatif menjawab. Kata Pace Yaklep, “Kalau kapten kapal luar negeri perintahkan anak buah kapal langsung di las. Kalau kapten kapal indonesia suruh perwira dan anak buah kapal kumpul dulu. Dorang bentuk panitia untuk menghitung berapa besar anggaran yang dibutuhkan me-las lambung kapal…!!??”

Pace Cabut Gigi

Pace Yaklep pi dokter gigi berobat di klinik. Pas dokter cabut de gigi Yaklep batariak keras-keras. Selesai diobati dan gigi Yaklep dicabut, baru pace tanya dokter…

Yaklep: “Berapa dok, biayanya..?”
Dokter: “Murah Rp.200 ribu saja…”
Yaklep: “Lho, pa dok biasanya kan cuma Rp.50 ribu..!”
Dokter: “Memang.. tapi gara-gara teriakkan pace Yaklep, 3 pasien saya yang lainnya kabur!”

Janji Kawin

Yako : “Yaklep, kapan ko mau kawin saya ka, sa su malu ini deng orang-orang, kita su lama baku bawa baru kita kawin bulan Oktober suda e…!!.
Yaklep : “Oh … belum bisa! Soalnya, bulan Oktober sa ada banyak urusan dikantor “
Yako: “Kalo bagitu November suda…”
Yaklep : “Adoh… apalagi November sa mo ada pelantikan kenaikan pangkat”
Yako: “Oh kalo bagitu Desember suda e… supaya rame”
Yaklep: “Desember terlalu rame karna hari Natal, sabar suda… nanti January tahun depan suda bisa to”
Yako: “Oh… jangan January bahaya… bulan itu ko sudah geger otak…”
Yaklep: “ko tau dari mana… ko macam tukang ramal saja…?”
Yako: ” saya memang bukan tukang ramal … tetapi kalau suda bulan Januari, ko pu kepala su pica sa pukul dengan botol…”

Tra Masuk Sekolah

Yaklep, semakin hari semakin nakal saja di sekolah, pada hal dia su kelas 3 SMP mau ke SMU, tapi dia pung malas saja minta ampun. Satu kali Yaklep tra pi sekolah, dan esok harinya ibu guru marah dan tanya:

Ibu Guru : ” Yaklep, kenapa kemarin ko tra masuk sekolah…?”
Yaklep dengan enteng diajawab : “Sa sakit Ibu…!”
Ibu Guru : “Ko ini, baru kenapa ko tra kirim surat?”
Yaklep: “Percuma saja ! nanti ibu juga tra mungkin balas mo….?????”

Pacar Isi Ulang

Pace Yaklep de pu anak pacaran. Rada rasa mau-malu anak Pace Yaklep tanya pacarnya, “Ade ko su berapa kali pacaran kah.”

Si cewek de pu senyum jawab : “Say… ko tra rugi pacaran deng aku. Pacaran saja baru skali mo. Satu kali perdana, lainnya hanya isi ulang terus… tau!”

Mesin Pesawat Rusak

Pace Yaklep dan pace Kon dong dua dalam pesawat, pas su terbang, pilot sampaikan 1 dari 4 pu mesin pesawat rusak diharap penumpang tenang.

Tra lama kemudian, pilot umumkan ke-2 kali, mesin ke-2 rusak tetap tenang.

Baru setengah jam kemudian pilot umumkan. Kali ini mesin ke-3 rusak. Pilot pu permintaan penumpang tetap tenang karena hanya terlambat 1 jam.

Pace Yaklep su keringat dan slalu berdoa didalam pesawat. Karena su jengkel Pace Yaklep mengumpat, “Pesawat sialan. Klo mesin keempat mati, bisa semalaman kita di atas sini terbang.”

Pace Daftar Tentara

Pace Yaklep dia pengin sekali menjadi tentara, karena dianggap gagah dan perkasa. Ketika ada penerimaan, pace ko tra tunggu lama, langsung urus dokumen dan mendaftar. Semua tes administrasi dan tertulis Pace Yaklep lewati tanpa masalah.

Tetapi saat pengumuman Pace kaget bukan main, karena dia tra lolos.

Dengan hati kesal dan tra terima, Pace Yaklep ko tanya ke panitia, “pace kenapa saya tra lulus ka?”

Panitia jawab, “Ko pu hasil tes memang semua mantap, hanya dikesehatan ko kalah karena gigi ompong.”

Pace Yaklep marah dan bilang, “Pace sa mau tanya ulang ini, torang ini masuk tentara perang mau baku tembak kah baku gigi…”

Bupati ke Rumah Sakit Jiwa

Pace Yaklep masuk Rumah Sakit Jiwa de tanam besi. Terus tiap pagi dan sore de siram. Skali begini ada kunjungan dari bapak bupati ke RSJ, pas pace gila ko ada siram-siram besi yang de tanam.

Bapak bupati lewat terus de bilang : “Sah… subur ee…”

Pace Yaklep langsung de balik, baru de bilang : “Bapak bupati ko gila kah? ini besi… hahahahaheee… capcay deh…”

Lima Pemuda Papua Pemberani

Suatu hari Pace Yaklep ko dekati 4 orang anak muda yang sedang duduk-duduk pinggir jalan, dan meminta uang secara paksa.

Saat minta uang pace Yaklep angkat bicara dengan nada menggertak, “Siapa Berani Di Sini??”
Satu dari pemuda berdiri dan berkata, “Sa Berani!”

Yaklep menggertak sekali lagi, “Ayo! Siapa Lagi yang Berani??!”

Pemuda berikutnya berdiri dan berkata, “Sa Juga Berani!!”

Yaklep itu mulai gentar, tapi dia terus menggertak, “Siapa Lagi??!”
Dua pemuda berikutnya berdiri dan berkata, “Kami Berani, Kenapa!”

Yaklep pu nyali becek dan berkata, “Kalau Begitu Kitorang Lima Pemuda Pemberani!!”

Bukti Cinta di Dada

Mantri pace Yaklep pacaran deng perem SMA… Pas hari Jumat siang pulang kerja tempo jadi, Pace Yaklep ko apel ka ini di perem pu rumah… Pas perem ada duduk potong sayur… dorang dua cerita rame e…

Yaklep : “Ade, ko tau di dunia nih kak cuma sayang ko saja…”
Perem : “Aeh, stop sudah…”
Yaklep: “Beh, ade… kaka tra tipu…”
Perem : “Iyo, ntar balik ke rumah sakit… ktemu suster satu bilang begitu juga..”
Yaklep : “Siooo… ade kak tra tipu…”
Perem : “Sa tra percaya…”
Yaklep: “Ade… klo ko tra percaya, ko blah kk pu dada sudah… ko liat… cuma ko pu nama saja yang ada di situ…”

Pas perem ko ada pegang pisau n mo iris bawang…. dan perem ko tekan pisau di bawang.

Yaklep : “Sungguh-sungguh sampe kena di papan iris ka ini…”
Perem : “Ah, kaka… betul ka?” (sambil kas tunjuk pisau)
Yaklep: “Ah, ade… lebih baik USG saja sudah… supaya ko liat ko pu nama yang kaka Pilox… epenkah…”

Cita-Cita Jadi Tentara

Pace Yaklep de pu anak duduk SD dapat pekerjaan rumah dari guru. Anak Yaklep tanya de pu bapak dirumah dan Yaklep memberikan penjelasan bentuk de pu perumpamaan.

Guru: “Besok kolo ko su besar jadi apa kah?”
Anak: “Jadi tentara to, barang apa jadi…”
Guru: “Tentara tong banyak. yang seperti apakah?”
Anak: “Ada dia pu lagu, Maju tak gentar.. Membela yang benar …”
Guru: “Itu tentara apakah?”
Anak: “Tentara biasa to. Tapi de pu pangkat Jenderal.”
Guru: “Lho kok pangkat lain bagaimana lagunya?”
Anak: “Klo setingkat kapten, letnan dan sekitarnya, dia pu lagu lagu Bagimu negeri, kami berbakti. Padamu negeri, jiwa raga kami …”
Anak: “Nah kalau prajurit, kopral dan sebagaianya, lagunya Di sini senang, di sana senang, di mana-mana hatiku senang … Asal komandan senang to!!!”

Mace Mau Pi Pelabuhan

Pace yaklep tanya depu mace, “mace ko mau kemanakah?”

Mace bilang, “Yee…kapal putih so masuk jadi saya mau ke pelabuhan too.”

“Begini,” pace Yaklep bilang, “mace tidak usah pergi.”

Trus mace bilang “jie…EPEN KHA…??”

pace Yaklep bilang, “Yo… ko tuggu besok kapal putih masuk, saya pergi pukul ko punya EPEN itu kasih mati… biar ko tobat…”

Kerja di Perusahaan Minyak

Pace Yaklep berlibur ke Bali. Jelang siang hari dia pergi ke pantai Kute. Pace pingin berjemur badan seperti turis-turis asing. Lantas Pace ambil duduk di pasir pas di samping cewek bule. Tidak lama begini mereka dua asik gobrol.

“Anda bekerja dimana ..?” kata sang bule. “Di perusahaan minyak,” jelas Pace.

“Ya.. ya.. Anda ternyata orang hebat,” lanjutnya. “Iya saya cape sekali, makanya saya berlibur,” aku Pace.

“Kalau boleh tahu di bagian apa?” tanyanya lagi.

“Oh.. di bagian penjualan luar,” jawab Pace (maksudnya penjual minyak tanah keliling yang biasa pikul jerigen masuk kampung keluar kampung sambil batariak minyak…minyak), dasar bule tidak ngerti dia hanya angguk-angukkan kepala.

Hajar Deng Ademsari

Pace Yaklep deng mas jawa satu… dong crita-crita, trus
Yaklep bilang : “Mas, disa pu kampung tuh, orang dong suka baku pukul dengan DOKA..”
Trus mas de tanya : “Klo dapa pukul deng doka tuh nanti bagaimana?”
Yaklep bilang : “Klo dapa pukul deng doka muka pica-pica…”
Mas : “Betul kah??”
Yaklep: “Iyo betul…nih.”

Trus Yaklep tanya sama mas, “Klo kam di jawa sana bagaimana?”

Mas karna bingung mo bilang apa lagi, mas langsung tembak begini “ADEMSARI…”

Yaklep de tanya sama mas.. “Klo kena itu..tuh bagaimana nanti..??”
Mas bilang : “Adow itu paling parah… 1.sariawan 2.bibir pecah-pecah 3.tenggorokan kering 4.panas dalam,tapi yang paling parah 5 ini.”
Yaklep bilang : “Apa tuh…??”
Mas : “5 susah buang air besar….”
Yaklep : “Waksssssss…”

Terlambat Masuk Les

Pace Yaklep dia buka kursus les di rumahnya. Suatu hari begini ada dua murid terlambat. Lalu Pace tanya,

“Edo, knapa hari ini ko tlambat!!?”
Edo : “Sa tlambat bangun Pak, sa ke Amerika naik pesawat terbang, disana sa diajak Obama jalan-jalan. Tra tau begini sa lihat hari su siang Pak.”
Pace : “Alasan!! Lalu ko Jiki, knapa tlambat?!!”
Jiki dengan santai menjawab, “Sa diajak Edo Pak.”
Pace Yaklep : !!!???

Pace Jual Minyak

Pace Yaklep sumbu tra bae deng ulah anak-anak kampung sebelah. Soalnya ketika dia sedang keliling kampung untuk menjajakan dagangannya menjual minyak tanah dia dapa ledek dari anak-anak Pas Pace bateriak begini anak-anak dong juga batariak.

“Mi..nyak !!! Mi. nyak !!!” teriak Pace.
Anak-anak dong balas:“Pak minumnya peke apa..?”
Pace : “Mi…nyak”. Anak-anak : “Pak makanan dengan apa ?”
Pace : “Mi..nyak !!!”

Kejadian begitu itu trus berulang-ulang kali hingga Pace putar badan 90 derajat. Liat Pace dia balik badan anak-anak trus ambil langkah seribu.

Pace : “Ehh .. awas kam jan lari…”

Pace lari kilat kejar tu anak-anak sambil pikul jerigen minyak tanah.

Ikut Menjarah Toko

Suatu hari Pace Yaklep naik motor. Pas di jalan protokol dia lihat orang –orang keluar dari sebuah toko sambil membawa macam-macam barang. Spontan Pace berhenti, tapi sebelum masuk toko, dia parkir motornya di pingir jalan. Tidak lama begini Pace ke luar dari toko sambil jinjing sepeda kecil. Tapi betapa kegetnya ketika melihat motornya sudah tidak berada di tempat semula.

“Over dompret, bukannya untung ehhh…malah buntung” maki Pace Yaklep sambil jalan kali seret sepeda anak-anak hasil jarahannya.

Main Teka-Teki Konde

Pace Yaklep kon main teka-teki deng Pace Obed.

“Ditusuk bukan sate, dijaring bukan ikan apakah itu?” tanya Pace. Obed dia heran deng teka-teki Yaklep. Krana baru kali ini dia dengar ada teka-teki macam begitu.

“Ko bisa jawab ka tidak?” kata Yaklep. Obed kon pikir keras putar otak, tra lama begini dia jawab. “orang kena paku.”

Yaklep : “Coba ko kase alasan.”

Obed : “Iya la, dia pu kaki kan tatusu paku, lalu dong ikat deng perban to.”

Yaklep: “Sambarang saja ko.”

Obed : “Coba ko jawab suda.”

Jawaban Yaklep adalah “KONDE.”

Obed: “!!!??”

Bagi-bagi Proyek dan Kerjaan

Pace Obed kon stil rapi bajalan sambil pegang map, pas di depan gang begini dia papasan deng Pace Yaklep, trus dong dua duduk ngobrol Sersan (Serius Tapi Santai) di Pos Kamling.

Yaklep : “Kalo Ada Proyek Bagi-bagi Ka”.
Obed : “Trada”.
Yaklep : “Knapa Ko Bawa Map”.
Obed : “Sa Lagi Cari Kerja”. Selanjutnya Obed dia Curhat sama Yaklep Su setengah mati cari pekerjaan.
Obed : “Ipar Ko Bisa Tolong Ka ???”
Lalu Yaklep tawarkan pekerjaan kalao Obed mau dia pu gaji satu bulan 25 juta rupiah.
Pbed : “Ahh yang benar saja”.
Yaklep : “Masa sa tipu Ko”.
Obed : “Ohhh kalau begitu sa mau tapi dia pu kerjaan apa ka??”
Yaklep : “CAT LANGIT”.
Obed : “Apaaaa !!!”

Harga Sepeda Motor Jatuh

Seorang makelar bertamu ke rumah Yaklep menawarkan sepeda motor karena dia dengar Yaklep sedang mencari motor bekas.
Makelar : “Sa dengar Pace cari motor bekas ka”
Yaklep: “Betul sekali, memangnya ada ???”
Makelar : “I ..yo…ada yang mau jual, kayaknya cocok buat pace.”
Yaklep :”Ko top pintar ambil hati dasar makelar!!”

Si makelar lantas cerita panjang lebar deng dia pu bahasa makelar soal motor yang mau dijual oleh pemiliknya padahal baru dipakai dua bulan dan sekali jatuh dengan tawaran harga dibawah harga pasaran.

Makelar : “Tapi jatuhnya itu Pace”.
Yaklep : “Maksud Ko?”
Makelar: “Motornya jatuh dari helikopter.”
Yaklep : “Ahhhh!!????”

Masih Tetap Gila

Suatu malam Pace Yaklep tugas jaga malam di RSJ Abepura tiba-tiba dia dikagetkan oleh seorang pasien rumah sakit gila yang datang tergesa-gesa melapor tentang kelakuan temannya sekamar.

Pasien : “Pak, Tadi Si Omen Dia Aneh.”

Kepada Yaklep pasien ini kemudian bercerita ketika lampu listrik mati temannya itu tiba-tiba meloncat ke atas meja sambil berteriak keras, “Lihat sa jadi lampu, lihat sa jadi lampu.”

Yaklep : “Memangnya Knapa?”

Pasien : “Itu artinya Si Omen masih gila to”

Yaklep hanya manggut, dalam hatinya berkata: “Yo, Kam Dua sama!!!”

Dapa Marah Bapa Guru

Siang Begini Yakop sepulang dari sekolahan bercerita sama Pace Yaklep yang tra pernah dudu dibangku sekolah.

Yakop : “Bapa …Pak Guru tadi dia marah saya”.

Yaklep : “Ko salah apa …?”

Yakop : “Tadi to sa tra bisa jawab pertanyaan Pak Guru.”

Yaklep : “Memang Pak Guru tanya apa?”

Yakop : “Pak Guru tadi tanya… dimana letaknya Benua Australia…”

Yaklep : “Makanya laen kali kalo ko letakan barang jan sampe lupa!!!”

Yakop : “!!!???????”

Pace Paling Bahagia di Dunia

Ketika baru saja pulang kerja Yaklep dia dapa kabar gembira dari dia pu maitua.

Mace : “Yang, sa pu brita gembira untu ko.”

Yaklep : “Brita apa cayang?”

Mace : “Tra lama lagi penghuni ruma kitorang akan bertambah. Kitong tra lagi berdua, tapi bertiga.”

Yaklep malompat bahagia deng dia beri kecupan sayang pada dia pu maitua.

Yaklep : “Ohhh… Yayang, skarang sa laki-laki paling bahagia di dunia,”

Mece : “Sa juga perempuan paling bahagia di dunia. Jadi mulai besok sa pu mama su bisa tinggal bersama kitorang to..??”

Yaklep hanya berkata singkat, “Apaaaaa !!!!!?????”

Disuruh Beli Bensin

Yakop ni de ada main kelereng deng de pu teman-teman di halaman samping rumah.
Karena masih kecil dan pas saat itu musim permainan kelereng. Sewaktu sedang rame-ramenya, tiba-tiba de pu Bapa panggil dia :

Yaklep : “Yakop ….Yakop…Yakop….!!!”
Yakop : “Ya…Bapa”
Yaklep : “Yakop…ko tolong beli Bapa bensin kha, untuk Bapa pu motor.”
Yakop : “Adoh…..Bapa ni…sa ada main baru…suru yang lain sudah…..”
Yaklep : “Anak …ko tolong Bapa dulu, nanti Sa kase ko seribu….”
Yakop : “Bapa, bagemana kalo sa kase Bapa 2000 sudah baru Bapa ko yang beli e……”

About these ads

Ingat Tinggalkan Komentar (saran )

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s